Tentang IB

IndonesiaBermutu Menginspirasi dan Memberi Solusi

IB  bukan super hero yang bisa menyelesaikan seluruh persoalan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Namun,  kami yakin kehadiran, kontribusi, dan komitmen para pemikir,aktivias dan relawan yang bersinergi dan berintegrasi dalam IB akan ikut mendorong peningkatan kualitas Bangsa kita. Melalui IB, kami berkomitmen membebaskan Indonesia dari keluh-kesah kegelapan dan ketertinggalan sekaligus memelopori titik balik perubahan menuju Indonesia yang bermutu.

IB akan bekerja keras memfasilitasi dan menyediakan seri program pembangunan manusia Indonesia yang bermutu dan proyek peningkatan mutu ini kami mulai dari pendidikan. Mengapa pendidikan? Tentu semua telah mengetahui, pendidikan adalah solusi.  Namun, sekadar mengetahui dan mengatakan “pendidikan adalah solusi” tidak akan pernah cukup menjadikan Indonesia maju dan memenangi setiap kompetisi kelas dunia. Perlu terobosan-terobosan praktis, kreatif, inovatif, masif, dan futuristik agar Indonesia berkelas dunia. Kami meyakini jika Pendidikan Indonesia bermutu maka kehidupan sosial, budaya, kemasyarakatan, hak azasi manusia dengan sendirinya akan berkualitas.

Kami yakin bahwa ikhtiar IB adalah nyala api yang dapat melepaskan Indonesia dari kegelapan menuju Indonesia terang benderang. Oleh karena itu, “ Berhentilah mengecam kegelapan. Lakukan sesuatu. Lakukan sesuatu.” IB adalah solusi.

│Siapa IB│

Peletakan batu pertama pembangunan IB dimulai di Bandung tahun 2007 dengan nama Yayasan Pengendalian Mutu Pendidikan  dan mulai tahun 2015 Yayasan Pengendalian Mutu Pendidikan berubah menjadi IndonesiaBermutu (IB). IB merupakan lembaga nonpemerintah yang bergerak di bidang peningkatan mutu sumber daya manusia. IB adalah peneliti, pengembang, dan praktisi di bidang evaluasi, penilaian, kurikulum, pembelajaran, manajemen, psikologi, statistic, karakter, psikometri, pendidikan, social, sekolah bermutu, dan kebijakan public efektif. IB memiliki lebih dari 54 % peneliti bergelar Ph.D (Doktor) dan 46% bergelar master.

Visi IB

Indonesia bermutu terinspirasi sekaligus termotivasi oleh janji kemerdekaan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang termaktub dalam Pembukaan UUD 1945. Janji kemerdekaan tersebut adalah tanggung jawab kita bersama, di manapun, kapanpun, dan siapapun. Indonesia adalah negeri besar dipenuhi oleh berbagai sumber daya alam, suku bangsa, bahasa, dan corak unik budaya. Segala potensi besar ini haruslah dikelola dan diarahkan dalam kerangka memujudkan Indonesia Bermutu.

Kelak, melalui Indonesia Bermutu, Indonesia akan terlahir kembali sebagai sebuah negara-bangsa yang menjadi rujukan dan inspirasi bangsa-bangsa di seluruh dunia. Kehidupan Indonesai yang bermutu itu lahir dari berbagai program yang didesain, dimplementasikan, dan dikembangkan oleh Indonesia Bermutu.

Misi IB

Indonesia Bermutu memiliki misi:

  • menjadi sumber inspirasi dan rujukan kelas dunia dalam pembangunan pendidikan, sosial, kemasyarakatan, hak azasi manusia, dan penelitian dan pengembangan yang bermutu;
  • menjadi mitra dalam ikhtiar mencerdaskan kehidupan bangsa dalam berbagai aspek kehidupan.

Pendiri, Pembina, dan Penasehat

Prof. Burhanuddin Tola, Ph.D.

Prof. Furqon, Ph.D. (Almarhum)

Bahrul Hayat, Ph.D.

Harry Firman, Ph.D.

Heru Widiatmo, Ph.D.

Dr. Awaluddin Tjalla

Dr. Misbah Fikrianto

Dr. Maulia Depriya Kembara

Zulfikri Anas, M.Ed.

Deni Hadiana, M.Si.

Saleh Mude

Noviyanto Agung Purwono

Pengurus

Hari Setiadi, Ph.D. Ketua Umum
Noviyanto Agung Purwono Ketua I
Ghullam Hamdu Wakil Ketua I
Heri Kurniawan Ketua II
Dr. Asep Sunandar Wakil  Ketua II
Dr. Jaka Warsihna Sekretaris Umum
Dr. Akbar Sekretaris
Bendahara Umum Qadar Burhanuddin
Bendahara Aos Wiharjono

 

│IB adalah│

Pemikir, peneliti, pengembang, dan praktisi untuk :

  • evaluasi, kurikulum, penilaian, pembelajaran, psikomterika, manajemen, karakter IndonesiaBermutu
  • psikologi IndonesiaBermutu
  • statistika dan survei IndonesiaBermutu
  • humaniora IndonesiaBermutu
  • ekonomi IndonesiaBermutu

Kerjasama│

Prinsip Kerjasama (PDF)

Pedoman Kerja Sama (PDF)

│Video IB│

COMMENTS